Home | Tips dan Trik | Trik Cepat Mengerjakan Soal Matrik

Trik Cepat Mengerjakan Soal Matrik

Hallo Sobat Inspirasi…

Kali ini kami dari Lembaga NHSC akan berbagi Tips dan Trik menarik mengenai matrik.
Apa sih Matrik itu ???

Matriks adalah kumpulan bilangan yang disusun secara baris atau kolom atau kedua-duanya dan di dalam suatu tanda kurung. Bilangan-bilangan yang membentuk suatu matriks disebut sebagai elemen-elemen matriks. Matriks digunakan untuk menyederhanakan penyampaian data, sehingga mudah untuk diolah.

Ordo Matriks

Dijelaskan sebelumnya matriks terdiri dari unsur-unsur yang tersusun secara baris dan kolom. Jika banyak baris suatu matriks adalah m, dan banyak kolom suatu matriks adalah n, maka matriks tersebut memiliki ordo matriks atau ukuran m x n. Perlu diingat bahwa m dan n hanya sebuah notasi, sehingga tidak boleh dilakukan sebuah perhitungan (penjumlahan, perkalian).

Jenis-jenis Matriks

Matriks dapat dikelompokan ke beberapa jenis berdasarkan pada jumalah baris dan kolom serta pola elemen matriksnya sebagai berikut :

1. Matriks Baris dan Matriks Kolom

Matriks baris adalah suatu matriks yang hanya memiliki satu baris saja. Sedangkan, matriks kolom adalah suatu matriks yang hanya memiliki satu kolom saja.

2. Matriks Persegi

Matriks yang memiliki jumlah kolom dan baris yang sama disebut matriks persegi. Matriks persegi memiliki ordo n.

3. Matriks Segitiga Atas dan Segitiga Bawah

Matriks persegi A yang memiliki elemen matriks  untuk  atau elemen-elemen matriks dibawah diagonal utama bernilai 0 disebut matriks segitiga atas. Matriks persegi A yang memiliki elemen matiks  untuk  atau elemen-elemen matriks diatas diagonal utama bernilai 0 disebut matriks segitiga bawah.

4. Matriks Diagonal

Matriks persegi A yang memiliki elemen matiks  untuk  atau elemen-elemen matriks diluar diagonal utama bernilai 0 disebut matriks diagonal.

5. Matriks Skalar

Matriks diagonal yang memiliki elemen-elemen pada diagonal utamanya bernilai sama disebut matriks skalar.

6. Matriks Indentitas

Matriks diagonal dengan elemen-elemen diagonal utamanya bernilai 1 disebut matriks identitas. Pada umumnya matriks identitas dinotasikan dengan “I”.

7. Matriks Simetris

Matriks persegi A yang memiliki elemen matiks baris ke-I sama dengan elemen matriks kolom ke-j untuk i = j disebut simetris. Atau, dapat dikatakan elemen  sama dengan elemen .

Transpose Matriks

Transpose matriks merupakan perubahan baris menjadi kolom dan sebaliknya. Transpose matriks dari  adalah sebuah matriks dengan ukuran (n x m) dan bernotasi AT. Jika matriks A ditanspose, maka baris 1 menjadi kolom 1, baris 2 menjadi kolom 2, dan begitu seterusnya.

Nah untuk mengetahui lebih jauh lagi kalian bisa simak denganKLIK DI SINI atau kalian bisa kepoin di www.academy.nhsc.co.id, kalian akan mendapatkan banyak materi dari program-progam yang lainnya.

About NHSC Kebumen

Check Also

TRIK n TIPS Mudah Mengerjakan Soal CPNS Part 12 CEK !!!

Hallo Sobat, Jumpa lagi nih dengan lembaga NHSC. Kali ini kita akan membahas mengenai Menerjakan Soal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *