Home | Materi | News & Opini | 24 Kementerian Yang Buka Lowongan CPNS 2021

24 Kementerian Yang Buka Lowongan CPNS 2021

Waktu pendaftaran seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021 tersisa 4 hari lagi. Kesempatan untuk melamar masih dibuka sampai Rabu (21/7/2021). Pendaftaran CPNS dilakukan melalui situs resmi yang dikelola oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN), yaitu www.sscasn.bkn.go.id. Sejauh ini ada 24 kementerian yang membuka lowongan CPNS 2021.

Berikut kementerian yang sudah membuka pendaftaran dan jumlah formasi yang dibutuhkan:

  1. Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)

Tersedia 197 formasi CPNS bagi mereka yang ingin bekerja sebagai CPNS di lingkungan Kemendagri. Kemendagri membuka lowongan bagi lulusan D3 hingga S2. Informasi selengkapnya dapat dilihat di sini.

  1. Kementerian Luar Negeri (Kemenlu)

Dalam pengumuman itu disebut Kemenlu membuka sebanyak 332 formasi, yang terdiri dari 286 formasi umum, 34 formasi cumlaude, 5 formasi Putra/ Putri Papua dan Papua Barat serta 7 formasi penyandang disabilitas. Informasi mengenai pendaftaran seleksi CPNS Kemenlu dapat diakses di laman https://e-cpns.kemlu.go.id/.

  1. Kementerian Pertahanan (Kemenhan)

Kemenhan membuka 1.456 formasi CPNS 2021. Adapun kualifikasi latar belakang pendidikan tersedia bagi lulusan SMA/SMK hingga S3. Bagi yang tertarik bekerja di lingkungan Kemenhan, informasi selengkapnya dapat dilihat di sini.

  1. Kementerian Agama (Kemenag)

Kemenag membuka seleksi untuk 9.458 CPPPK dan 1.361 CPNS. Jadi, total formasi CASN Kemenag 2021 ada 10.819 formasi. Formasi CPNS tersebar di 123 satuan kerja. Adapun formasi CPNS terbagi dalam formasi umum dan formasi khusus. Formasi umum adalah pelamar lulusan perguruan tinggi yang memenuhi kualifikasi pendidikan dan persyaratan. Informasi selengkapnya dapat dilihat di laman https://casn.kemenag.go.id/.

  1. Kementerian Agraria dan Tata Ruang (Kementerian ATR/BPN)

Kementerian ATR/BPN membuka 2664 formasi CPNS 2021. Tersedia 34 kelompok penempatan yang merupakan perwakilan dari satuan kerja di lingkungan Kementerian ATR/BPN dengan rincian: Satu kelompok yang mewakili satuan kerja kantor pusat Kementerian ATR/BPN, dan 33 kelompok provinsi yang mewakili satuan kerja pada provinsi dimaksud. Adapun lowongan dibuka bagi lulusan S1 dan S2. Informasi selengkapnya dapat dilihat di sini

  1. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi

Lowongan dibuka untuk 233 formasi CPNS, bagi lulusan S1 dan D3. Informasi ini tertuang dalam Pengumuman Kemendesa Nomor 5/KP.01.01/VI/2021. Informasi selengkapnya dapat dilihat di sini

  1. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM)

Kementerian ESDM membuka 172 formasi dengan 43 jabatan yang dibuka untuk diperuntukkan bagi jenjang pendidikan SMK hingga S2. Ada dua formasi yang bisa dilamar oleh lulusan SMK, yaitu Pengamat Gunung Api dan Jenang Kapal. Informasi selengkapnya dapat dilihat di sini.

  1. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham)

Kemenkumham membuka 4.558 formasi. Ada 3.971 formasi CPNS 2021 bagi lulusan SMA/Sederajat. Persyratan dan alur pendaftarannya dapat dilihat di laman https://cpns.kemenkumham.go.id/.

  1. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)

KKP membuka 902 formasi CASN. Berdasarkan informasi dari Badan Riset dan SDM KKP, lowongan dibuka rincian 381 formasi CPNS dan 521 formasi PPPK. Informasi selengkapnya, dapat dibuka di http://ropeg.kkp.go.id/.

  1. Kementerian Kesehatan (Kemenkes)

Kemenkes membuka 3.799 formasi CPNS dan 398 formasi PPPK pada 2021. Alokasi kebutuhan tersebut meliputi tenaga kesehatan sejumlah 3.361 orang, tenaga teknis sejumlah 638, dan tenaga dosen sejumlah 198 orang yang akan ditempatkan pada 212 satuan kerja di berbagai wilayah di Indonesia. Rincian formasi selengkapnya, dapat dilihat di laman https://casn.kemkes.go.id/.

  1. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kementerian Kominfo)

Kementerian Kominfo membuka 457 formasi CPNS dan 28 formasi PPPK. Dari jumlah formasi CPNS, sebanyak 407 posisi tersebar di Kementerian Kominfo, Lembaga Penyiaran Publik (LPP) TVRI, dan LPP RRI. Sementara 28 formasi PPPK semuanya akan ditempatkan di lingkungan Kementerian Kominfo. Informasi selengkapnya dapat dilihat di sini.

  1. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kementerian LHK)

Kementerian LHK membuka 1.007 formasi pada CPNS 2021. Tersedia lowongan bagi lulusan jenjang pendidikan SMK hingga S2. Bagi lulusan SMK, ada 245 formasi yang dibuka, yakni untuk jabatan Pemula – Pengendali Ekosistem Hutan dan Pemula – Polisi Kehutanan. Informasi lengkapnya dapat diakses di http://ropeg.menlhk.go.id/.

  1. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Kemendikbud membuka 10.447 formasi. Kebutuhan formasi CPNS ini dibuka bagi lulusan D3 hingga S1. Bagi mereka yang ingin mendaftar, bisa melihat syarat pendaftarannya di laman https://cpns.kemdikbud.go.id/.

  1. Kementerian Perdagangan (Kemendag)

Kemendag membuka 344 formasi yang dibuka untuk 19 jabatan yang tersedia. Lowongan tersedia bagi lulusan D3 sampai S2. Informasi selengkapnya dapat diakses di laman https://rekrutmen.kemendag.go.id/cpns/.

  1. Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

Kemenhub membuka 2.445 formasi yang tersedia di lingkungan Kemenhub. Lowongan tersedia bagi jenjang pendidikan SMA hingga S2. Bagi mereka yang ingin bekerja sebagai PNS di lingkungan Kemenhub, dapat melihat informasi lengkapnya di https://cpns.dephub.go.id/.

  1. Kementerian Perindustrian (Kemenprin)

Kemenprin membuka 786 formasi dengan 374 jabatan yang tersedia. Sama seperti instansi lainnya, terdapat formasi khusus yang diperuntukkan bagi putra putri lulusan terbaik atau cumlaude, penyandang disabilitas, diaspora serta putra putri Papua dan Papua Barat. Informasi selengkapnya dapat dilihat https://rekrutmen.kemenperin.go.id/.

  1. Kementerian Pertanian (Kementan)

Kementan membuka 776 formasi bagi lulusan SMK hingga S2. Informasi ini tertuang dalam Pengumuman Nomor B-1557/Kp.110/A2/06/2021 tentang Seleksi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Kementerian Pertanian Republik Indonesia Tahun Anggaran 2021. Bagi yang ingin mendaftar, bisa cek informasinya di http://cpns.pertanian.go.id/.

  1. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA)

Kementerian PPPA membuka 22 formasi, dengan rincian 19 formasi umum, 1 cumlaude, 1 disabilitas dan 1 putra/putri Papua/Papua Barat. Lowongan tersedia bagi lulusan D3 dan S1. Informasi lengkapnya dapat dilihat di sini.

  1. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB)

Kebutuhan pegawai ASN Kementerian PAN-RB terdiri dari 64 formasi PNS dan 19 formasi PPPK. Informasi ini tertera dalam Surat Pengumuman Nomor: B/73/S.KP.01.00/2021 tentang Pengadaan Aparatur Sipil Negara Kementerian PAN-RB Tahun Anggaran 2021. Informasi selengkapnya dapat dilihat di sini. Baca juga: Simak, Berikut Instansi yang Membuka Formasi CPNS 2021 untuk Lulusan SMA/Sederajat

  1. Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Kementerian PPN)

Kementerian PPN atau Bappenas membuka 96 formasi CPNS. Dari jumlah tersebut, sebanyak 82 formasi dibuka untuk umum. Sementara lainnya, 10 formasi untuk lulusan terbaik, 2 formasi untuk disabilitas dan 2 formasi untuk putra-putri Papua dan Papua Barat. Bagi mereka yang ingin mendaftar, informasi selengkapnya tentang seleksi CPNS Bappenas dapat dilihat di laman https://rekrutmen.bappenas.go.id/cpns/.

  1. Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Kementerian BUMN membuka 127 formasi 127 formasi, yang terdiri dari 107 formasi umum, 15 cumlaude, 3 disabilitas dan 2 putra atau putri Papua dan Papua Barat. Informasi ini tertuang dalam Pengumuman Nomor: PENG-01/PANSELCPNS.MBU/2021 Tentang Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian BUMN Tahun Anggaran 2021. Informasi selengkapnya dapat dilihat di sini.

  1. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi (Kemenparekraf)

Tahun ini, Kemenparekraf membuka 189 formasi CPNS. Dari total formasi tersebut sebanyak 166 formasi umum, 18 formasi cumlaude, 1 formasi putra-putri Papua/Papua Barat dan 4 formasi disabilitas. Adapun kualifikasi pendidikan yang dibutuhkan tersedia bagi lulusan D3 hingga S2 dari berbagai macam jurusan. Informasi selengkapnya dapat dilihat di sini.

  1. Kementerian Investasi Kementerian Investasi atau Badan Koordinasi Penanaman Modal

Membuka 63 formasi CPNS pada 2021. Dari total formasi tersebut sebanyak 47 formasi umum, 7 formasi cumlaude, 7 formasi putra-putri Papua/Papua Barat dan 2 formasi disabilitas. Bagi yang ingin mendaftar dapat melihat informasi lengkapnya di laman https://www.bkpm.go.id/id/karir.

  1. Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Indonesia

Kemenko Marves membuka 77 formasi, dengan rincian 66 formasi umum, 8 fomrasi cumlaude, 2 formasi disabilitas dan 1 fomrasi untuk kriteria putra-putri Papua/Papua Barat. Informasi selengkapnya dapat dilihat di sini.

Alur pendaftaran

Berikut adalah alur pendaftaran CPNS 2021 melalui laman SSCASN 2021:

Daftar akun

  • Pelamar mengakses Portal SSCASN di https://sscasn.bkn.go.id Buat akun SSCASN
  • Login ke akun SSCASN yang telah dibuat
  • Lengkapi biodata dan unggah swafoto

Daftar formasi

  • Pilih jenis seleksi PPPK Guru/PPPK Non-Guru/CPNS
  • Masukkan kode captcha, klik ‘Selanjutnya’
  • Unggah dokumen. Di sini, jenis dokumen yang diunggah berbeda setiap instansi. Perhatikan tipe dokumen dan ukuran yang dapat diunggah ke sistem.
  • Status dokumen akan berubah menjadi ‘Sudah Diunggah’ bila proses unggah dokumen berhasil
  • Pelamar dapat melihat dokumen yang sudah diunggah dengan klik ‘Lihat’
  • Dokumen yang telah diunggah tidak dapat diubah kembali setelah mengakhiri pendaftaran
  • Setelah yakin semua dokumen sudah sesuai, klik “Selanjutnya”.

Resume pendaftaran

  • Setelah melengkapi unggah dokumen, muncul halaman resume. Pelamar wajib membaca dan mengecek kembali data-data yang telah diisi.
  • Jika pelamar telah yakin tidak ada kesalahan, pelamar dapat menandai (check list) seluruh kotak yang ada pada tampilan yang tersedia, mulai nama instansi hingga persyaratan instansi.
  • Tandai kotak pernyataan dan klik “Akhiri Proses Pendaftaran”. Kemudian akan tampil notifikasi untuk mengakhiri proses pendaftaran dan peringatan bahwa setelah proses diakhiri, semua data tidak dapat diubah kembali.
  • Jika pelamar sudah yakin, klik “Iya”, maka akan tampil halaman Final Resume. Di bagian ini, pelamar sudah tidak dapat mengubah data kembali.
  • Pelamar dapat mencetak Kartu Informasi Akun dengan klik “Cetak Kartu Informasi Akun” dan Kartu Pendaftaran SSCASN dengan klik “Cetak Kartu Pendaftaran CPNS”.

Sumber : https://www.kompas.com/tren/read/2021/07/17/101200465/daftar-24-kementerian-yang-buka-lowongan-cpns-2021?page=all

About NHSC Kebumen

Check Also

BPK Masih Sepi Peminat!!! Yuk Simak

Pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) hingga 12 …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *