7 Cara Tak Terduga untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif

Di dalam dunia bisnis dan karier, kamu mungkin merasa awam dengan berpikir kreatif. Beberapa dari kamu mungkin merasa tidak memiliki kesempatan untuk berpikir kreatif karena banyak faktor yang terjadi di lingkungan kerjamu. Padahal, tahukan kamu bahwa berpikir kreatif adalah sesuatu yang dapat kamu gunakan dimanapun kamu berada, termasuk di lingkungan kerjamu?

Berpikir kreatif, atau seringkali disebut juga dengan creative thinking, berusaha melihat sesuatu dari kacamata dan perspektif yang berbeda. Dengan berpikir kreatif, kamu mampu untuk menangkap kesempatan-kesempatan yang tidak biasa untuk mendapatkan keuntungan.

Beberapa dari kamu mungkin terlahir dengan kemampuan berpikir kreatif yang lebih tinggi daripada teman sebayamu. Namun, sebenarnya kemampuan berpikir kreatif dapat selalu dilatih dan berkembang seiring berjalannya waktu. Berikut 6 cara tak terduga yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuanmu berpikir kreatif!

Bekali dirimu dengan pengetahuan yang luas

Untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatifmu, menambah wawasanmu tentang apa yang terjadi di dunia menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan. Ada banyak cara untuk menambah wawasanmu, seperti ikut di dalam diskusi, datang ke berbagai seminar dan kelas, dll. Namun ada satu hal sederhana yang dapat kamu lakukan, yaitu membaca.

Selain membaca topik-topik yang memang kamu sukai, tidak ada salahnya kamu juga membaca berita dan cerita di luar bidang kesukaanmu untuk memperkaya pengetahuanmu tentang dunia.  Seseorang yang memiliki kemampuan berpikir kreatif yang baik mampu melihat dunia dari berbagai perspektif. Dengan membaca, kamu akan dapat mengerti suatu hal dari berbagai perspektif.

Tulis sesuatu setiap harinya, bahkan tanpa topik sekalipun

Tenang saja, kamu tidak dituntut untuk menulis sebuah novel, kok.

Menulis memang terkadang terasa sulit bagi mereka yang belum terbiasa. Tetapi nyatanya, menulis dapat melatih kemampuanmu berpikir kreatif. Beberapa orang bahkan memiliki imajinasi yang sebenarnya pantas untuk dituangkan ke dalam sebuah tulisan. Dengan melatih dirimu untuk menulis, otomatis kamu akan melatih dirimu untuk berimajinasi dan berpikir kreatif.

Tidak perlu terlalu panjang, kamu dapat memulai kebiasaan ini dengan menuliskan 300–500 kata setiap harinya. Menulis dapat membuatmu tetap terinspirasi dan membuat pikiranmu aktif setiap saat.

Luangkan waktu untuk menonton film setiap minggunya

Siapa yang tidak menyukai film dan menonton bioskop?

Film memiliki caranya sendiri untuk mengaktifkan kemampuanmu untuk berpikir kreatif. Duduk di kursi yang nyaman dengan layar yang besar, disertai dengan film pilihanmu, tentu dapat membuat pikiranmu lebih aktif untuk mencerna cerita yang kamu tonton.

Beberapa dari kamu seringkali berusaha menebak plot cerita dari film tersebut, berusaha mengikuti alur dan menyelesaikan konflik yang ada. Tanpa kamu sadari, kamu sedang melatih dirimu untuk berpikir kreatif.

Pilih makananmu

Jika kamu ingin mengembangkan kemampuanmu untuk berpikir kreatif, konsumsilah makanan-makanan yang tidak perlu proses panjang untuk dikonsumsi. Biasakan dirimu untuk lebih sering mengkonsumsi makanan yang direbus.

Ikan yang datang dari laut dingin juga direkomendasikan untukmu yang ingin meningkatkan performa otak. Ikan yang datang dari laut dingin dipercaya memiliki kandungan Omega 3 yang lebih tinggi daripada ikan biasanya, seperti ikan salmon atau sarden.

Sebagai sumber karbohidrat dan serat, ada baiknya kamu mengkonsumsi makanan yang berbahan dasar gandum. Kandungan gandum yang ada di dalam sebuah makanan dapat membantu tubuhmu meningkatkan kandungan antioxidant. Konsumsilah juga sayur dan buah secara rutin, dan kacang-kacangan.

Jika ada waktu, maka pergilah berlibur!

Siapa yang tidak suka berlibur?

Riset pun bahkan percaya bahwa jika kamu pergi berlibur, apalagi bepergian ke daerah yang memiliki budaya yang berbeda dengan kamu, kemampuanmu berpikir kreatif akan meningkat.

Perbedaan wilayah dapat menunjukkan perbedaan yang signifikan terhadap budayanya. Dengan menerima kebiasaan adat atau budaya yang berebeda, kamu akan memperkaya wawasanmu tentang budaya lain dan melatih dirimu untuk berpikir mengenai cara untuk survive di negara lain.

Beperganglah pada prinsip ini: terkadang kreativitas bukan berarti menciptakan sesuatu yang baru, namun mencari koneksi dari setiap hal yang sudah ada

Beberapa dari kamu mungkin berpikir bahwa kreativitas adalah selalu mengenai menciptakan hal baru. Kreativitas memang berarti menciptakan sesuatu yang baru dari hasil berpikir kreatif. Namun, menciptakan sesuatu yang baru, bukan berarti benar-benar memikirkan hal yang baru.

Berpikir kreatif dapat dipicu dengan mencari inspirasi dari banyak sumber, dan ternyata berpikir kreatif sesederhana menghubungkan setiap inspirasi yang ada. Mendengar hal tersebut, menjadi tidak sulit bukan untuk berpikir kreatif?

Bahkan prinsip sederhana ini diakui oleh Steve Jobs dan Austin Kleon! Kecerdasan seseorang dan kemampuannya berpikir kreatif dapat dilihat dari bagaimana ia menghubungkan setiap informasi yang diterimanya dan mengolahnya menjadi suatu hal yang baru.

 

Kini kamu tahu kan, bahwa kemampuan untuk berpikir kreatif bukanlah hanya milik mereka yang terlahir demikian, tapi kamu juga bisa jika kamu melatih dirimu sendiri untuk melakukannya.

Gunakan ide-ide kreatifmu dan kemampuan untuk berpikir kreatif di setiap kesempatan. Dengan berpikir kreatif, tentunya kamu akan merasa pekerjaanmu dan kegiatanmu lebih berwarna. Temukan banyak kesempatan kerja yang memberikanmu kesempatan untuk berpikir kreatif.

 

About NHSC Kebumen

Check Also

SPESIAL TRIK N TIPS Mengerjakan Soal CPNS

Hallo Sobat, Jumpa lagi nih dengan lembaga NHSC. Kali ini kita akan membahas mengenai Menerjakan Soal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *