Home | Materi | News & Opini | Anak Anak, Apa Itu Karambol dan Katapel? Ini Penjelasan Kemdikbud

Anak Anak, Apa Itu Karambol dan Katapel? Ini Penjelasan Kemdikbud

Bagi anak-anak zaman now tentu agak asing dengan permainan yang satu ini. Sebab, perkembangan teknologi yang semakin canggih menjadikan anak lebih suka dengan permainan atau game di ponsel pintar.
Apalagi dimasa pandemi virus corona atau Covid-19 yang mengharuskan anak-anak tetap tinggal di rumah saja. Jadi sambil berakhir pekan, yuk simak info ini untuk menambah pengetahuanmu.

1. Karambol

Namanya adalah karambol. Permainan karambol hampir mirip seperti biliar. Namun dalam permainan ini, kita bisa menggunakan lempeng bulat kecil sebagai pengganti bola.

Untuk melontarkannya dengan cara disentil menggunakan jari. Jika kamu penasaran, maka simak informasi yang dirangkum dari akun resmi Instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemdikbud) ini.
Pada tulisan admin Instagram Kemdikbud, Sabtu (25/4/2020), nama karambol ada bermacam-macam. Di berbagai negara, permainan ini dikenal dengan banyak nama. Seperti carrum, couronne, carum, karam, karom, karum, dan finger billiards/biliar jari.
Pada beberapa negara, permainan karambol merupakan permainan rakyat. Di Indonesia, permainan karambol biasa dijumpai pada perayaan Hari Kemerdekaan RI. Tak hanya itu saja, permainan ini juga bisa dimainkan saat menunggu waktu berbuka puasa atau ngabuburit.
Biasanya, permainan ini dimainkan dua atau 4 orang. Dan jika orang yang kalah nantinya akan diberi hukuman dengan cara dicoret mukanya dengan bedak. Kenapa dengan bedak? Karena di permainan ini menggunakan bedak bayi sebagai pelicin agar lempengan bulat kecil bisa melaju dengan kencang.

2. Katapel

Salah satu permainan tradisional yang satu ini juga cukup unik. Sebab, hanya dibuat secara sederhana. Yakni dibuat menggunakan dahan bercabang dua.
Kemudian pada ujung keduanya diikat dengan tali karet, dan diikatkan pada kulit selebar 3—4 cm, gunanya untuk melontarkan batu kecil.
Tapi, tahukah kamu asal Katapel? Dari postingan akun Instagram Kemdikbud, katapel berasal dari bahasa Yunani. Yaitu katapeltes, yang terdiri dari kata yang artinya menarik ke bawah dan pallo yang artinya melempar. Meskipun awalnya dikenal sebagai salah satu senjata, saat ini katapel lebih digunakan sebagai alat berburu atau menjadi salah satu permainan tradisional.

Apakah kamu pernah membuat sendiri katapel dan memainkannya? Tentu bagi anak kecil untuk memainkannya harus didampingi oleh orangtua. Sebab, permainan ini tidak bisa digunakan asal-asalan jika yang dilemparkannya adalah batu kerikil.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Anak Anak, Apa Itu Karambol dan Katapel? Ini Penjelasan Kemdikbud”, https://edukasi.kompas.com/read/2020/04/25/140905171/anak-anak-apa-itu-karambol-dan-katapel-ini-penjelasan-kemdikbud?page=2.
Penulis : Albertus Adit
Editor : Albertus Adit

About NHSC Kebumen

Check Also

Apa SIh PErbedaan CPNS & PPPK ???

Seseorang tidak diperkenankan untuk mendaftar CPNS dan CPPPK sekaligus. Calon pelamar seleksi ASN hanya diperkenankan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *