Home | Materi | News & Opini | Belajar dari Rumah, Pemkot Madiun Fasilitasi Web Edukasi Online

Belajar dari Rumah, Pemkot Madiun Fasilitasi Web Edukasi Online

adv madiun
Foto: dok. Pemkot Madiun

Jakarta – Pemerintah Kota Madiun sedang melakukan upaya dalam mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19). Salah satu upayanya adalah dengan memberikan waktu belajar di rumah bagi para pelajar secara online.Wali Kota Madiun Maidi menuturkan, pihaknya telah menerapkan kebijakan sistem Kegiatan Belajar-Mengajar (KBM) secara online. Ia menjelaskan anak-anak sebenarnya tidak diliburkan, namun hanya diubah cara belajarnya agar tidak keluyuran.

”Jadi anak-anak tidak libur. Selama di rumah kegiatan belajar-mengajar tetap berjalan. Materinya akan disiapkan semua secara online. Biar tidak keluyuran tak jelas, malah berbahaya nanti,” jelas Maidi, dalam keterangan tertulis.

Maidi menjelaskan, penetapan sistem KBM online sudah diterapkan terhitung mulai dari Senin (16/3) hingga Minggu (29/3) mendatang. Ia juga mengungkapkan bahwa Pemkot Madiun telah mempersiapkan domain khusus (website) untuk pemberian bekal materi dalam tugas selama di rumah hingga 29 Maret mendatang.

“Pelajar tidak perlu khawatir ketinggalan materi karena sistem online bisa diakses setiap saat. Sebab, Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Komunikasi dan Informatika juga menyiapkan domain khusus sebagai panduan belajar mengajar secara online,” ujar Maidi.

“Ada domain khusus untuk belajar online. Sedangkan terkait bekal dan arahan bukan hanya soal larangan ke luar kota. Namun, juga materi dan tugas yang harus dikerjakan selama di rumah sudah kita sampaikan Senin kemarin sejak ada instruksi sekolah diliburkan dari gubernur,” imbuhnya.

Belajar dari Rumah, Pemkot Madiun Fasilitasi Web Edukasi OnlineFoto: dok. Pemkot Madiun

Maidi mengungkapkan, domain untuk belajar online yang dipersiapkan oleh Pemkot Madiun adalah belajar.madiunkota.go.id. Dalam alamat website tersebut materi juga akan update secara online dan berkala.

“Dalam domain itu akan update setiap saat,” imbuhnya.

Maidi menambahkan, sejatinya dia ingin anak-anak tetap di sekolah tanpa diliburkan. Ia beralasan untuk melindungi anak-anak dari penularan virus Corona.

Hal itu karena Maidi khawatir anak-anak justru akan keluyuran kemana-mana kalau di liburkan di rumah. Apalagi, kebanyakan orang tua di Kota Madiun merupakan pegawai atau karyawan.

“Artinya, orang tua juga kesulitan mengawasi di rumah karena harus bekerja. Mereka bisa bermain ke mana saja. Karenanya, pemkot sengaja memberikan bekal dan materi selama di rumah,” paparnya

”Tetapi kalau instruksinya seperti itu, ya mau bagaimana lagi. Saya berharap anak-anak melaksanakan dengan penuh tanggung jawab,” imbuhnya.

Belajar dari Rumah, Pemkot Madiun Fasilitasi Web Edukasi OnlineFoto: dok. Pemkot Madiun

Maidi juga mengungkapkan, Kegiatan Belajar-Mengajar (KBM) belajar online yang digagas Pemkot Madiun seiring pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19), sudah sejalan dengan program internet gratis.

Tak tanggung-tanggung untuk mempermudah para pelajar dalam kegiatan belajar online, mereka telah didukung dengan program WiFi gratis dari pemerintah.

“Ini sejalan dengan program WiFi gratis yang dapat diakses hingga ke poskamling-poskamling. Masyarakat bisa mengunduh materi dengan sarana WiFi gratis yang kita sudah sediakan di setiap poskamling terdekat,” ungkapnya.

Maidi menerangkan, dalam program internet gratis Pemkot Madiun telah menyediakan 1472 titik WiFi yang tersebar di setiap pos kamling. Tiap pos kamling mulai tingkat RT, telah tersambung WiFi gratis dan bisa dinikmati para pelajar yang belajar di rumah.

“Ada ribuan jumlah titik Wifi yang sudah ready kita siap untuk belajar online di setiap pos kamling ada. Jadi tidak usah khawatir untuk belajar online di rumah dan bisa interaksi dengan gurunya,” pungkas Maidi.

Sebagai informasi, saat ini jumlah sekolah di kota Madiun mencapai 262. Sekolah mulai TK, SD, MI, SMP MTs, SMA, MA dan SMK baik negeri maupun swasta. Untuk sekolah negeri ada 136 dan swasta ada 126 tersebar di tiga Kecamatan kota Madiun yaitu Kecamatan Manguharjo, Taman, dan Kartoharjo. (adv/adv)

About NHSC Kebumen

Check Also

CEK SCORE SKDmu Yuk !!!

Ujian Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun Anggaran 2021 (Tes SKD CPNS 2021) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *