Home | Tips dan Trik | Cara Memilih Bimbel (Bimbingan Belajar) Yang Paling Tepat Buat Kamu

Cara Memilih Bimbel (Bimbingan Belajar) Yang Paling Tepat Buat Kamu

Salah satu cara mempersiapkan diri menghadapi ujian adalah dengan mengikuti bimbingan belajar. Namun terkadang memilih bimbel yang tepat bukan sesuatu yang gampang, karena sekarang bimbel hampir ada dimana-mana di perkotaan maupun pedesaan. Hal ini yang membingungkan seseoang untuk menentukan bimbel mana yang paling tepat dan efektif.

Apalagi hampir semua bimbel mengklaim akan membuat siswa/ peserta didik jago di semua mata pelajaran. Bahkan ada beberapa bimbel yang berani menjamin bisa masuk perguruan tinggi negeri (PTN).

Untuk itu kami akan memberikan beberapa faktor yang akan menjadi pertimbangan anda untuk lebih memudahkan atau menentukan bimbel yang tepat buat anda, antara lain :

1. Tipe-tipe Bimbel

Jadi untuk menentukan memilih bimbel pertama-tama, kamu harus tanya pada diri kamu sendiri gaya belajar kamu bagaimana? Apa kamu lebih suka belajar ramai-ramai di kelas, belajar dalam grup kecil, atau lebih nyaman belajar secara privat?

Setelah itu pilihlah bimbel yang menurut kamu paling pas atau paling sesuai dengan gaya belajar kamu, karena kamu yang lebih tahu tipe belajar yang seperti apa yang bisa membuat kamu merasa nyaman dalam belajar.

2. Lokasi

Faktor lokasi bimbel harus diperhatikan, usahakan pilih lokasi yang dekat rumah kamu atau mungkin memilih bimbel yang dekat dengan sekolah kamu. Hal ini akan lebih efisien dalam hal waktu maupun ongkos transport.

3. Faktor kredibilitas

Bayangkan jika disekitar rumah atau sekolahmu ada beberapa bimbel tentu akan membuat anda mengalami sedikit kesulitan untuk menentukan bimbel yang tepat. Jangan khawatir, cobalah untuk mengecek reputasi bimbel yang akan anda pilih, bisa melalui media online maupun bisa menyanyakan kepada tetangga sekitar ataupun menanyakan kepada teman les bagaimana reputasi bimbel tersebut. Setelah mengetahui reputasinya tentu akan membuat anda semakin mantap menentukan pilihan.

4. Faktor Pengajar

Faktor pengajar menjadi hal yang penting untuk menentukan bimbel yang sesuai dengan karakter anda, usahakan cari informasi tentang pengajar yang ada di bimbel tersebut, faktor guru sangat menentukan karena merekalah yang akan membimbing kamu menuju keberhasilan dalam belajar.

5. Faktor Fasilitas

Setelah empat point diatas sudah kamu cek, selanjutnya cari info seputar fasilitas apa yang bisa diberikan oleh bimbel tersebut untuk mendukung belajar anda sehingga ilmu yang disampaikan mudah dipahami atau mudah dimengerti. Apakah mereka memberikan try out? Sesi pemantapan? bimbingan karir? perpustakaan? meteode belajar yang variatif? dan masih banyak fasilitas lainya seperti buku-buku, ruangan ber AC atau non AC, seragam, Katering dan lain-lain.

Demikian informasi seputar tips memilih bimbel yang tepat sesuai dengan gaya belajar kita, semoga artikel ini bisa membantu anda dalam  memilih bimbel yang tepat. Terima Kasih

About NHSC Kebumen

Check Also

Tips & Trik Lulus Seleksi Tes Kedinasan Tahun 2021

1. Siapkan secara cermat persyaratan administrasi Salah satu tahapan awal seleksi masuk sekolah tinggi kedinasan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *