Home | Materi | News & Opini | Cara mengatasi depresi pada anak dan remaja

Cara mengatasi depresi pada anak dan remaja

Hallo Sobatt Jumpa lagi nih…

Kita tentunya tidak asing dengan kata Depresi. Ya Depresi adalah suatu kondisi medis berupa perasaan sedih yang berdampak negatif terhadap pikiran, tindakan, perasaan, dan kesehatan mental seseorang. Kondisi depresi adalah reaksi normal sementara terhadap peristiwa-peristiwa hidup seperti kehilangan orang tercinta. Depresi juga dapat merupakan gejala dari sebuah penyakit fisik dan efek samping dari penggunaan obat dan perawatan medis tertentu. Dalam kaitannya dengan gangguan mental lain, depresi dapat juga menjadi gejala dari gangguan kejiwaan seperti Gangguan depresi mayor dan distimia.

Seseorang dalam kondisi depresi umumnya mengalami perasaan sedih, cemas, atau kosong; mereka juga cenderung merasa terjebak dalam kondisi yang tidak ada harapan, tidak ada pertolongan, penuh penolakan, atau perasaan tidak berharga. Gejala-gejala lain yang mungkin muncul adalah perasaan bersalah, mudah tersinggung, atau kemarahan. Lebih jauh, individu yang mengalami depresi dapat juga merasa malu atau gelisah.

Selain perubahan suasana hati, individu dengan gejala depresi cenderung kehilangan minat untuk melakukan aktivitas-aktivitas yang sebelumnya ia anggap menyenangkan; kehilangan napsu makan atau sebaliknya, makan dengan porsi berlebih. Penderita juga akan kesulitan untuk berkonsentrasi, mengingat detail-detail umum, membuat keputusan, ataupun mengalami kesulitan dalam berhubungan dengan orang lain. Pengalaman-pengalaman ini dapat mendorong individu untuk mencoba bunuh diri.

Nah pada kesempatan kali ini kita aka mengumpas tuntas mengenai depresi yuk simak, silakan KLIK DI SINI. 

Semoga bermanfaat terima kasih 🙂

About NHSC Kebumen

NHSC Kebumen

Check Also

Beasiswa // Wow Kesempatan Emas Nih…..Yuk Simak Siapa Tau Anda Adalah Orang Yang Beruntung

Hallo adik-adik soabt inspirasi… ada informasi spesial nih buat sobat semuanya… Buat sobat yang ingin …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *