Home | Tips dan Trik | Cara Meningkatkan Minat Baca Anak

Cara Meningkatkan Minat Baca Anak

Perkembangan teknologi sekarang ini banyak merubah kebiasaan seseorang, tak terkecuali anak-anak. Anak zaman lebih senang bermain dengan gadgetnya ketimbang belajar, sehingga secara otomatis ini berdampak terhadap berkurangnya minat baca anak, tentunya hal ini menjadi kehawatiran tersendiri bagi orang tua.

Telah banyak studi dan hasil penelitian menunjukan anak jauh lebih banyak menghabiskan waktu di depan gadget/ ponsel untuk bermain game ketimbang membaca, fakta ini tentunya harus menjadi perhatian yang serius bagi orang tua untuk lebih peduli dan memberikan berhatian lebih terhadap perkembangan anak di era yang serba digital ini. Kerana jika dibiarkan maka dampak buruknya bagi anak bisa kecanduan main gadget/ ponsel.

Mengingat begitu pentingnya meningkatkan minat baca bagi anak, maka peran orang tua dituntut aktif untuk mengingatkan dan memberi pengertian tentang beberapa manfaat dari membaca yang dapat memberikan wawasan maupun pengetahuan bagi si anak itu sendiri, antara lain :
  1. Membuat anak lebih kaya perbendaharaan kosakata
  2. Memperlancar kemampuan berbicara
  3. Menambah pengetahuan di luar yang diajarkan orangtua dan lingkungan
  4. Menambah motivasi
  5. Meningkatkan kreativitas
  6. Mempengaruhi karakter anak

Setelah diberi pengertian seperti itu diharapkan si anak dapat memahami betapa pentingnya membaca yang dapat memberikan banyak manfaat, Sehingga anak dapat mengurangi atau meminimalisir kegiatan-kegiatan yang kurang produktif seperti, anak yang kesehariannya hanya diisi dengan menonton televisi dan bermain game di gadget/ ponsel, hal ini akan berdampak besar terhadap tumbuh kembang menjadi anak yang manja, egois dan individualis. Saat ini, menumbuhkan minat baca sejak dini akan mempermudah mewujudkan budaya baca dan tradisi anak, khususnya TK dan SD pada kemampuan membaca dan menulis ke depannya.

Hanya saja, untuk meningkatkan  kegiatan positif tersebut pada anak bukan perkara mudah perlu usaha yang keras dan kesabaran. Selain karena lebih cenderung kesukaanya pada digitalisasi, anak juga tidak bisa dipaksa begitu saja untuk membaca buku.

Tapi jangan khawatir. Bagi orangtua, berikut ini ada 6 tips/cara yang efektif agar membuat anak gemar membaca yang dirangkum dari laman Sahabat Keluarga Kemendikbud RI, antara lain :

1. Sediakan bahan bacaan di rumah

Tips pertama ialah dengan menyediakan banyak bahan bacaan berupa buku, majalah, komik, koran dan lain sebagainya yang relevan untuk anak, atau buat semacam perpustakan di rumah. Melalui cara ini, anak telah terbiasa dekat dengan bahan bacaan dan tentunya akan mempermudah anak dalam mengakses bacaan karena bahan bacaan itu ada di rumah.

2. Luangkan waktu setiap hari

Bagi orangtua contohkan pada anak untuk meluangkan waktu setiap harinya agar membaca. Hal ini dapat dilakukan ketika pagi hari sebelum berangkat kerja atau sepulang kerja ketika anak sedang di rumah.

3. Bacakan buku pada anak
Jika Anda sudah meluangkan waktu untuk membaca, maka kalui ini Anda harus rajin membacakan buku terhadap anak setiap harinya. Membacakan buku tentu yang memuat hal-hal atau dunia anak, mulai dari imajiner maupun pengetahuan lain, tentunya disesuaikan dengan umur anak. Intinya hal-hal yang menghibur sekaligus mendidik buah hati Anda. Membacakan buku pada anak dapat dilakukan setelah anak selesai belajar, atau sebelum ia tidur. Jadi, orangtua perlu menciptakan kesan bahwa membaca adalah kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan.

4. Tambah intensitas komunikasi
Sekarang, orangtua perlu menambah intensitas komunikasi dengan anak. Caranya ialah dengan menceritakan hasil bacaannya. Selain bercerita, orangtua juga bisa meminta diceritakan hasil bacaan anaknya tadi. Pengalaman menarik atau hal-hal apa yang dapat diteladani anak, dan lain-lain. Jadi, komunikasi semacam itu akan menambah motivasi anak untuk terus menambah bacaan setiap harinya.

5. Ajarkan anak beli buku
Ketika Anda sedang bepergian, libatkan anak untuk ikut. Ajak anak Anda ke toko buku dan ajarkan padanya tentang lebih berharga membelanjakan hasil tabungan untuk membeli buku, daripada untuk membeli barang-barang lain yang tidak terlalu penting.

6. Ajak ke perpustakaan
Satu atau dua minggu sekali ajak anak untuk mengunjungi perpustakaan umum atau perpustakaan keliling. Berilah kesempatan kepada anak untuk melihat-lihat koleksi perputakaan tersebut dan meminjamnya untuk dibaca di rumah. Selain itu, orangtua juga dapat merekomendasikan anak sering-sering mengunjungi perpustakaan sekolah, untuk membaca di tempat atau meminjamnya dan dibaca ketika jam istirahat.

Dengan cara-cara ini mampu menumbuhkan minat baca anak sejak usia dini. Cara ini efektif dilakukan pada anak usia sekolah TK atau SD yang sudah bisa membaca.

About NHSC Kebumen

NHSC Kebumen

Check Also

Trik Cepat Paham Bangun 3 Dimensi

Hallo Sobat, Jumpa lagi nih dengan lembaaga NHSC. Kali ini kita akan membahas mengenai Konsep …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *