Home | Materi | News & Opini | Cegah Siswa Bolos, Pemkot Tangerang Launching Aplikasi E-Absen Terhubung ke Orangtua

Cegah Siswa Bolos, Pemkot Tangerang Launching Aplikasi E-Absen Terhubung ke Orangtua

Sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan, Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Pendidikan melaunching Aplikasi e-Absen bagi SD dan SMP se-Kota Tangerang.

Wali Kota Tangerang H. Arief R. Wismansyah didampingi Wakil Wali Kota H. Sachrudin beserta Ketua DPRD Kota Tangerang Gatot Wibowo dan Kepala Dinas Pendidikan Masyati secara langsung melaunching Aplikasi e-Absen di SMPN 32 Kota Tangerang, Cipondoh, Selasa (10/3).

Pada acara tersebut, Wali Kota menyampaikan dengan diresmikannya portal absen bagi siswa SD dan SMP diharapkan meningkatkan pengawasan guru dan juga orang tua murid dalam proses belajar mengajar.

“Guru dan orang tua bisa memonitor absensi putera puterinya melalui Aplikasi Tangerang LIVE,”

“Jadi transparansi pendidikan bisa dimonitor bersama,” terang Arief.

Penggunaan Aplikasi e-Absen, lanjut Arief, akan dilakukan secara bertahap mulai dari tahap sosialisasi hingga tahap penggunaan oleh para tenaga pengajar maupun orang tua.

“Nantinya para guru harus terbiasa dan disiplin dalam mengisi absensi dari para murid didiknya di sekolah,”.

“Ini juga jadi pengembangan dari aplikasi pendidikan sebelumnya seperti e-Raport,” jabar Wali Kota.

“Hingga semua data dan informasi pendidikan di Kota Tangerang bisa diakses melalui Aplikasi Tangerang LIVE,” sambungnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Masyati menambahkan pembuatan Aplikasi e-Raport dilatar belakangi untuk memfasilitasi orang tua dalam memantau perkembangan pendidikan putera puterinya dan sudah siap di 90 persen sekolah SD dan SMP negeri dan swasta.

“SD dan SMP negeri sudah, 10 persen¬†lagi yang sekolah swasta,” tukas Masyati.

Hal ini bisa menjadi contoh untuk daerah-daerah lain di indonesia sebagai upaya meningkatkan pengawasan bagi orangtua kepada putera puterinya di sekolah. Karena selain guru dan siswa, orangtua juga merupakan pilar utama dalam sistem pendidikan, kontrol orangtua sangat membantu untuk meningkatkan kualitas kedisiplinan anak dalam belajar maupun pendidikan.

Artikel ini saya kutip di laman website tangerangkota.go.id.

About NHSC Kebumen

Check Also

CEK SCORE SKDmu Yuk !!!

Ujian Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun Anggaran 2021 (Tes SKD CPNS 2021) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *