Home | Materi | News & Opini | Inilah Materi Dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer SBMPTN 2020

Inilah Materi Dalam Ujian Tulis Berbasis Komputer SBMPTN 2020

Pendaftaran Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) untuk mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sudah dibuka. UTBK adalah tahapan penting dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020. Apa saja isi UTBK?

Ada dua isi UTBK SBMPTN yang akan digelar pada tanggal 20-26 April 2020 nanti:

  1. Pertama, soal-soal materi Tes Potensi Skolastik (TPS). TPS mengukur kemampuan kognitif yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi. Kemampuan penalaran berkembang melalui proses belajar dan transfer dari pengalaman-pengalaman di sekolah maupun di luar sekolah.Dalam TPS, yang dikejar adalah kemampuan kognitif. Maka peserta ujian akan dites perihal kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup pengetahuan dan penguasaaan matematika dasar.”Pada TPS, sebagian soal disajikan dalam Bahasa Inggris,” demikian keterangan LTMPT.
  2. Kedua, soal-soal materi Tes Kompetensi Akademik (TKA). TKA mengukur pengetahuan dan pemahaman keilmuan yang diajarkan di sekolah dan diperlukan seseorang agar dapat berhasil dalam menempuh pendidikan tinggi. TKA juga mengukur kemampuan kognitif yang terkait langsung dengan konten mata pelajaran yang dipelajari di sekolah.Jadi, TKA punya perbedaan dengan TPS. Perbedaannya, TKA lebih terkait langsung dengan materi-materi pelajaran sekolah ketimbang TPS. Penekanan tes pada Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Materi UTBK akan berbeda-beda antara tiga kelompok peserta, yakni:
1. Kelompok ujian sains dan teknologi (Saintek) dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek: matematika saintek, fisika, kimia, dan biologi
2. Kelompok ujian sosial dan humaniora (Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Soshum: matematika soshum, geografi, sejarah, sosiologi, dan ekonomi
3. Kelompok ujian campuran (Saintek dan Soshum) dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek dan TKA Soshum.

About NHSC Kebumen

Check Also

CEK SCORE SKDmu Yuk !!!

Ujian Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun Anggaran 2021 (Tes SKD CPNS 2021) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *