Home | Materi | News & Opini | Jadwal Terbaru Tes SKD CPNS dan PPPK 2021, Ini Penjelasan BKN Soal Waktu Pelaksanaan Ujian Wajib SKD

Jadwal Terbaru Tes SKD CPNS dan PPPK 2021, Ini Penjelasan BKN Soal Waktu Pelaksanaan Ujian Wajib SKD

ILUSTRASI - Jadwal terbaru SKD CPNS dan PPPK 2021.

 

Update jadwal terbaru tes SKD dan PPPK 2021 lengkap dengan penjelasan BKN terkait pelaksanaan ujian yang diwajibkan tersebut.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberi penjelasan terkait kapan jadwal tes SKD CPNS dan PPPK 2021 akan dilakukan melalui laman resmi miliknya.

Penentuan jadwal tes SKD CPNS dan PPPK 2021 ini tentunya telah ditunggu-tunggu oleh para pendaftar. Pasalnya tes tersebut merupakan ujian wajib untuk diterima dalam formasi yang telah dipilih oleh pendaftar.

Lebih lanjut nantinya SKD akan dilakukan oleh para pendaftar CPNS, sedangkan para pendaftar dalam PPPK baik guru maupun non-guru akan menjalani tes Standar Kompetensi.

Pihak BKN memastikan jadwal SKD CPNS dan PPPK akan berjalan secara berurutan atau disebut juga dengan paralel. Namun terdapat beberapa hal yang mempengaruhi keputusan penentuan jadwal tes itu.

Hal yang menjadi penentuan jadwal SKD CPNS 2021 adalah terkait kasus pandemi Covid-19. Mengingat kasus pandemi Covid-19 di Indonesia terus meningkat BKN menyatakan pihaknya masih terus berupaya menemukan formula dalam pelaksanaan tes.

Formula atau cara yang dikemukaka oleh BKN dalam mengatur jadwal SKD CPNS 2021 ini adalah dengan mengurangi pelaksanaan sesi tes yang diikuti oleh para pendaftar.

Pengurangan sesi tes atau ujian wajib tersebut dilakukan yang semula terdiri dari 5 sesi per hari diubah menjadi 3 sesi per hari. Hal ini dilakukan untuk mencegah meluasnya penyebaran pandemi Covid-19 bagi para pendaftar CPNS dan PPPK.

“Karena perkembangan pandemi saat ini, BKN merencanakan penerapan 3 sesi per hari dari jumlah normal 5 sesi untuk mengurangi penumpukan,” ujar Plt Kepala BKN, Bima Haria Wicaksana seperti dikutip dari laman resmi bkn.go.id pada 18 Agustus 2021.

Selain menentukan sesi yang dilakukan pada SKD CPNS kali ini, BKN juga merilis target pelaksanaan ujian wajib bagi CPNS dan PPPK 2021 itu.

Ditargetkan jadwal SKD CPNS dan Seleksi Kompetensi PPPK 2021 ini direncanakan telah usai terselenggara paling lambat pada 15 Desember 2021, namun hal itu tetap harus melihat kondisi di masing-masing daerah.

Mengingat hingga kini setiap daerah di Indonesua memiliki kondisi yang berbeda-beda dalam perkembangan kasus pandemi Covid-19 ini.

Pihak BKN juga mengharapkan partisipasi aktif dari panitia penyelenggara agar dapat mengatur peserta nantinya saat pelaksanaan SKD. Panitia penyelenggara diharapkan dapat memantau protokol kesehatan para peserta yang mengikuti tes.

Tak hanya itu, pihak BKN juga berharap panitia pelaksana dapat menjaga integritas dan akuntabilitas dalam memantau tes yang diikuti oleh para peserta CPNS tersebut. Sehingga hasil seleksi dapat menjadi tolak ukur yang pasti.

Demikianlah jadwal SKD CPNS dan PPPK 2021 sesuai dengan yang diungkapkan dalam laman resmi BKN beberapa saat yang lalu.***

Sumber : https://beritadiy.pikiran-rakyat.com/citizen/pr-702451599/jadwal-terbaru-tes-skd-cpns-dan-pppk-2021-ini-penjelasan-bkn-soal-waktu-pelaksanaan-ujian-wajib-itu?page=3

About NHSC Kebumen

Check Also

CEK SCORE SKDmu Yuk !!!

Ujian Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun Anggaran 2021 (Tes SKD CPNS 2021) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *