Home | Materi | Kelas 4-6 SD, Ini Rangkuman Materi: Makhluk Hidup dan Lingkungannya

Kelas 4-6 SD, Ini Rangkuman Materi: Makhluk Hidup dan Lingkungannya

Baru saja, program Belajar dari Rumah ditayangkan oleh TVRI Nasional. Pada episode Selasa 21 April 2020 pukul 09.00-09.30 WIB adalah tayangan bagi siswa kelas 4-6 SD.
Jika kamu ketinggalan tayangan tersebut, berikut ini isi tayangan bagi siswa kelas 4-6 SD yang dirangkum Kompas.com. Untuk materi X Sains-nya ialah bertema Makhluk Hidup dan Lingkungannya yang dipandu oleh Kak Herman. Apa saja yang dibahas?
Ini dia materi Belajar dari Rumah yang digagas oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemdikbud) yang bekerjasama TVRI Nasional tersebut.

1. Rantai dan jaring-jaring makanan

Rantai makanan adalah peristiwa transfer energi dari satu makhluk hidup tertentu ke makhluk hidup lain.
Misalnya: Padi dimakan tikus, tikus dimakan ular, ular dimakan elang, elang mati dan terurai oleh organisme pengurai.
Pada kesempatan itu, siswa diajak untuk bernalar mengenai jumlah organisme dan jenis organisme.

Adapun penjelasannya ialah jumlah produsen harus paling banyak dan diikuti konsumen tingkat 1, konsumen tingkat 2 dan seterusnya.

2. Interaksi dalam jaring-jaring makanan

Untuk materi ini, ada tayangan menjelaskan interaksi di dalam jaring-jaring makanan.
Contohnya saat di kebun binatang ada:
  • Produsen: rumput
  • Konsumen: hewan rusa
Tapi, hewan rusa bisa dimakan harimau. Inilah hubungan interaksi yang terjadi di dalam jaring-jaring makanan.

a. Produsen adalah makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri dari matahari karena proses fotosintesis.
b. Konsumen tingkat 1 diisi binatang yang bergantung pada produsen, ini bisa dicontohkan dengan rusa.
c. Konsumen tingkat 2 adalah hewan pemakan daging yakni dicontohkan hewan harimau. Tapi, konsumen tingkat 3 dan seterusnya bukan akhir dari jaring-jaring makanan.
d. Pengurai adalah mikro organisme yang bertugas menguraikan di tanah. Fungsi komponen ini sangat berharga sebagai kesuburan tanah.

Sebab, apa yang diuraikan tersebut akan dimanfaatkan kembali oleh tumbuhan untuk membuat makan dan fotosintesis.
Contoh pengurai: jamur, bakteri, hewan kecil ulat atau belatung.
Pada kesempatan itu, Belajar dari Rumah juga memberikan pertanyaan pada siswa untuk dikerjakan bersama orangtua atau guru
Pertanyaan: Apa perbedaan antara rantai makanan dengan jaring-jaring makanan?

3. Miniatur ekosistem

a. Ekosistem adalah hubungan saling ketergantungan antara makhluk hidup dan lingkungannya.
b. Mutualisme adalah hubungan antar makhluk hidup yang saling menguntungkan.
c. Parasitisme adalah bentuk hubungan yang merugikan yang dialami oleh salah satu organisme makhluk hidup, sedangkan yang lain diuntungkan.
Misalnya: benalu dan tumbuhan inangnya, benalu tumbuh dan berkembang dari zat-zat makanan pada tumbuhan inangnya. Lama-lama, tumbuhan inang akan mati.
d. Komensalisme adalah bentuk hubungan antara organisme, salah satu diuntungkan, namun yang lainnya tidak dirugikan dan tidak pula diuntungkan.
Contohnya: ikan ramora kecil akan mengikuti dan berlindung di bawah ikan hiu, ia akan mendapatkan kuntungan makan dari sisa-sisa makanan dari ikan hiu.

Pertanyaan:
Bagaimana hubungan interaksi antara makhluk hidup yang mendiami habitat dalam suatu ekosistem? Tuliskan contoh-contohnya!

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Kelas 4-6 SD, Ini Rangkuman Materi: Makhluk Hidup dan Lingkungannya

About NHSC Kebumen

NHSC Kebumen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *