Home | Uncategorized | Profil Ustaz Abdul Somad Lengkap, dari Pendidikan hingga Karir yang Moncer

Profil Ustaz Abdul Somad Lengkap, dari Pendidikan hingga Karir yang Moncer

Profil Ustaz Abdul Somad Lengkap, dari Pendidikan hingga Karir yang Moncer

Berikut adalah profil Ustaz Abdul Somad yang dapat menjawab rasa penasaran Anda.

Suara.com – Ustaz Abdul Somad (UAS) pernah mengatakan bahwa menonton drama Korea (drakor) sama halnya dengan menjadi kafir.

“Orang Korea nih kafir, tak bersunat. Tak mandi wajib. Berzinah kerjaannya. Jangan suka kepada orang kafir. Siapa yang suka kepada orang kafir, maka dia bagian dari kafir itu. Condong hatinya kepada orang kafir, maka tontonlah kori’ah (Korea),” ujar UAS, seperti dikutip dari video Youtube di channel Remaja Indonesia, Selasa (11/8)

Ucapan menonton drakor itu kafir dilontarkan UAS ketika ditanya oleh jemaahnya. UAS juga mengutip salah satu hadis Nabi Muhammad SAW.

“Jangan lagi ditonton itu sinetron-sinetron Korea itu. Rusak, nanti pas mau sakaratul maut datang dia rame-rame. Apa yang selalu kita tengok, apa yang selalu kita dengar, itulah yang akan datang waktu kita sakaratul nanti,” kata UAS.

Di luar dakwahnya yang tak jarang menimbulkan pro dan kontra, nama Ustaz Abdul memang dikenal sebagai ustaz yang kharismatik?

Berikut adalah profil Ustaz Abdul Somad yang dapat menjawab rasa penasaran Anda:

Profil Ustaz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad memberikan keterangan pers di Kantor MUI, Jakarta, Rabu (21/8). [Suara.com/Arya Manggala]
Ustaz Abdul Somad memberikan keterangan pers di Kantor MUI, Jakarta, Rabu (21/8). [Suara.com/Arya Manggala]

Ustaz Prof. H. Abdul Somad Batubara, Lc., D.E.S.A., Ph.D., atau yang lebih dikenal dengan Ustaz Abdul Somad lahir di Silo Lama, Asahan, Sumatara Utara pada 18 Mei 1977.

UAS merupakan seorang pendakwah dan ulama Indonesia yang sering mengulas kajian agama Islam, khususnya kajian ilmu hadis dan ilmu fikih.

Selain itu, sosok yang bergelar Datuk Seri Ulama Setia Negara ini juga aktif membahas isu-isu nasionalisme dan berbagai masalah lainnya yang terjadi di tanah air.

ia terkenal dengan cara penyampaian gagasannya yang tegas dan lugas sesuai latarbelakangnya sebagai seorang ulama sekaligus dosen agama Islam.

Keluarga Ustaz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad merupakan keturunan suku Batak dan Melayu, ayahnya memiliki darah Batak sedangkan sang ibu Melayu. Ustaz Abdul Somad menikah di tahun 2008 dan sekarang telah memiliki seorang anak bernama Mesian Haziq Abdillah.

Pendidikan Ustaz Abdul Somad

Ustaz Abdul Somad masih memiliki kekerabatan dengan seorang ulama terkenal di Asahan yaitu Syekh Abdurrahman atau Tuan Syekh Silau Laut I. Hal inilah yang membuat Ustaz yang satu ini dididik di sekolah berbasis Tahfiz Alquran.

Berikut riwayat pendidikan Ustaz Abdul Somad:

  • SD Al-Washliyah Medan
  • Madrasah Tsanawiyah Mu’allimin Al-Washliyah Medan
  • Pesantren Darularafah Deli Serdang
  • Madrasah Aliyah Nurul Falah Indragiri Hulu
  • S1 Universitas Al-Azhar Mesir
  • S2 Institut Darul-Hadits Al-Hassaniyah Rabat Maroko
  • S3 Universitas Islam Omdurman Sudan

Karir Ustaz Abdul Somad

Karir Ustaz Abdul Somad di dunia pendidikan Islam sudah tidak diragukan lagi.

Sejak tahun 2009, Ustaz Abdul Somad bertugas sebagai dosen Bahasa Arab di Pusat Bahasa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Selain itu, UAS juga seorang dosen Tafsir Hadis di Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau dan dosen Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Yayasan Masmur Pekan Baru.

Selain aktif di dunia pendidikan, Ia juga pernah menjabat sebagai Anggota MUI dan Badan Amil Zakat Riau, serta sekretaris di Lembaga Bahtsul Masa.

ia juga aktif dalam menghasilkan karya ilmiah, terjemahan, dan buku seperti 37 Masalah Populer, 99 Pertanyaan Seputar Sholat, serta 33 Tanya Jawab Seputar Qurban.

Kini, Ustaz Abdul Somad aktif memberikan ceramah melalui akun media sosial pribadinya, terutama melalui kanal Youtube. Akun Youtube Ustaz Abdul Somad ini juga terbilang berhasil mendapat banyak perhatian masyarakat karena telah memiliki satu juta subscriber.

sumber berita : https://www.suara.com/news/2020/08/11/191358/profil-ustaz-abdul-somad-lengkap-dari-pendidikan-hingga-karir-yang-moncer?page=all

Itu dia profil Ustaz Abdul Somad.

About NHSC Kebumen

NHSC Kebumen

Check Also

Karya Mahasiswa Unair, Pemudah Difabel dalam Mencari Kerja

Empat mahasiswa Unair peraih medali perak di 3rd Digitalised International Invention Innovation and Design Johor …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *