Home | Uncategorized | Rincian Formasi CPNS 2021/2022 Terbaru —–> Pendaftaran Ditunda

Rincian Formasi CPNS 2021/2022 Terbaru —–> Pendaftaran Ditunda

Kredit : https://www.sscnbkn.win/2018/01/rincian-formasi-cpns-2021-2022-terbaru.html

Rincian Formasi CPNS 2021/2022 Terbaru ~ Awalnya pendaftaran seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2021 dimulai pada tanggal 31 Mei 2021, tetapi harus diundur sampai waktu yang tidak dapat ditentukan. Pengumuman tersebut resmi disampaikan melalui portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara di sscasn.bkn.go.id, awalnya terdapat tanggal pendaftaran yang tertera, tetapi dihilangkan menjelang pendaftaran dibuka.

Dalam membuka pendaftaran seleksi CASN, terdapat 3 jalur pendaftaran yang tersedia, yaitu Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), CPNS, dan sekolah kedinasan. Selain itu, terdapat 2 jenis formasi yang dapat diikuti oleh pelamar CASN, yaitu formasi umum dan formasi khusus.

Formasi umum terbuka untuk seluruh pelamar yang berminat mengikuti seleksi CASN, sedangkan formasi khusus terbagi menjadi 4 bagian, terdiri dari formasi putra/putri lulusan terbaik atau cumlaude, formasi khusus penyandang disabilitas, formasi diaspora, dan formasi putra/putri papua dan papua barat.

Diketahui kebutuhan CASN tahun 2021 mencapai 1.275.387 formasi. Namun pada kenyataannya, total jumlah kebutuhan CASN yang telah diumumkan kepada masyarakat tersebut, hanya sebanyak 741.551 formasi yang baru ditetapkan sejauh ini. Jadi hanya sebagian dari kebutuhan yang dapat direalisasikan.

Kebutuhan formasi untuk CASN tersebut mencakup kebutuhan nasional, baik kebutuhan CASN pusat maupun kebutuhan CASN daerah. Pada tahun 2021 dalam seleksi CASN, terdapat banyak instansi dan kementerian yang dapat dilamar oleh para calon pelamar, terdiri dari 56 kementerian atau lembaga, 34 provinsi, 504 kabupaten atau kota, dan sekolah kedinasan yang berada dibawah 8 kementerian atau lembaga.

Rincian dari jumlah formasi dibagi untuk formasi kebutuhan CASN pusat dan formasi kebutuhan CASN daerah. Untuk kebutuhan pusat atau 56 kementerian/lembaga, terdapat sebanyak 69.684 formasi untuk CPNS, serta terdiri dari 8.555 formasi sekolah kedinasan dari jumlah tersebut. Lalu untuk kebutuhan daerah atau 34 provinsi dan 504 kabupaten/kota, terdapat sebanyak 654.803 formasi, terbagi menjadi 568.521 formasi untuk P3K dan 84.282 formasi untuk CPNS.

Untuk kebutuhan CASN di tahun 2021, instansi pusat membuka beberapa formasi CPNS 2021 lebih banyak. Formasi tersebut yaitu penjaga tahanan, analis perkara peradilan, pemeriksa, analis hukum pertahanan, dan perawat.

Sedangkan untuk kebutuhan CASN bagian daerah, terbagi menjadi 2 kategori, yaitu tenaga kesehatan dan tenaga teknis. Pembagian formasi dimulai dari tingkat provinsi, kategori tenaga kesehatan terdiri dari perawat, dokter, asisten apoteker, perekam medis, dan bidan. Untuk kategori tenaga teknis terdiri dari polisi kehutanan, pengelola keuangan, pranata komputer, pengelolaan perpustakaan, dan penyuluh pertanian.

Sedangkan rincian pembagian formasi untuk tingkat kabupaten atau kota, terdapat kategori tenaga kesehatan yang terdiri dari perawat, bidan, dokter, apoteker, dan pranata laboratorium kesehatan. Untuk kategori tenaga teknis terdiri dari auditor, penyuluh pertanian, pengelola keuangan, pengelola pengadaan barang atau jasa, dan polisi pramong praja.

Tahapan dari seleksi CPNS 2021 terdiri dari 3 tahap yaitu seleksi administrasi, Seleksi Kemampuan Dasar (SKD), dan Seleksi Kemampuan Bidang (SKB). Untuk proses pelaksanaan SKD, terdiri dari 3 materi yaitu Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Batal dibuka 31 Mei, CPNS 2021 ditunda cek update di https://www.sscnbkn.win/. Lihat Juga info penting Pendaftaran SSCN BKN CPNS 2021/2022

Sedangkan proses pelaksanaan SKB, terdiri dari tes potensi akademik, praktik kerja, tes bahasa asing, tes fisik, psikotes, tes kesehatan jiwa, dan wawancara. Jadi usahakan para calon pelamar CPNS 2021 untuk mempelajari materi yang akan diujikan.

 

 

Sumber : www.sscnbkn.win & sumber lainya

About NHSC Kebumen

Check Also

SEKOLAH KEDINASAN TERBAIK DI INDONESIA ….. Yuk kepoin

Berikut ini merupakan sekolah kedinasan terbaik loh… yuk kepoin 1. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *