Home | Uncategorized | SEKOLAH KEDINASAN TERBAIK DI INDONESIA ….. Yuk kepoin

SEKOLAH KEDINASAN TERBAIK DI INDONESIA ….. Yuk kepoin

Berikut ini merupakan sekolah kedinasan terbaik loh… yuk kepoin

1. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN)

Mamikos belum bisa menggantikan nomor pertama ini pada yang lain. Sebab hingga tahun 2020 ini, PKN STAN masih menjadi Sekolah Kedinasan terbaik yang diminati paling banyak se-Indonesia. Politeknik Keuangan Negara STAN telah berdiri sejak tahun 1952 dan berada di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan RI.

Salah satu alasan STAN menjadi pilihan banyak calon mahasiswa adalah karena mereka tahu masuk ke Sekolah Kedinasan satu ini tidak akan dipungut biaya sama sekali selama pendidikan. Mahasiswanya pun tidak diwajibkan untuk masuk asrama dan setelah lulus, alumni akan seketika diangkat menjadi CPNS. Jurusan-jurusan yang bisa kalian daftar di STAN antara lain akuntansi, pajak, pajak bumi dan bangunan, kepabeanan dan cukai, kebendaharaan negara, dan manajemen aset.

2. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

Kamu cukup tertarik untuk mengotak-atik angka dan data? Atau mungkin menyenangi matematika dan statistik? Maka sepertinya Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) akan cocok untuk kamu pilih. Sekolah ini didirikan sejak tahun 1958 dan termasuk dalam Sekolah Kedinasan yang dikelola oleh Badan Pusat Statistik dan dikhususkan untuk lulusan SMA jurusan IPA.

STIS juga menyediakan dua jurusan Program Diploma IV, yaitu jurusan Statistika dan Komputasi Statistik. Jurusan Statistika dibagi menjadi dua peminatan, yakni Statistika Ekonomi dan Statistika Sosial. Sementara itu, di jurusan Komputasi Statistik kamu dapat mempelajari teknik pengolahan data, analisis data, membuat program, hingga menyusun sistem informasi statistik.

3. Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)

Nomor berikutnya dalam Sekolah Kedinasan terbaik 2020, ada STSN. Untuk kamu yang cukup tertarik dengan keamanan data dan dunia internet, maka Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) bisa kalian pilih. STSN adalah Sekolah Kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Pendidikan di STSN akan memakan waktu 4 tahun dan lulusannya akan mendapatkan gelar diploma IV.

Ada lima Program Studi yang bisa kalian ikuti di STSN. Diantaranya adalah Rekayasa Kriptografi, Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi, Rekayasa Keamanan Siber, Manajemen Persandian, dan Teknik Persandian. Salah satunya ada yang sudah menarik perhatian kamu?

4. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Berikutnya ada STIN yang juga menjadi Sekolah Kedinasan favorit di tahun 2020 ini. Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) adalah Sekolah Kedinasan yang berada di bawah Badan Intelijen Negara. Kampus STIN berada di daerah Sentul, Bogor, Jawa Barat. Mahasiswa atau taruna di STIN akan diajarkan tentang ilmu intelijen serta menerima tempaan fisik dan mental agar dapat menjadi anggota masyarakat intelijen yang mumpuni dan dapat mengabdi pada negara dan masyarakat luas.

Lulusan STIN nantinya diharapkan dapat memiliki kemampuan akademik dan keahlian profesional untuk menerapkan dan mengembangkan ilmu intelijen, ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni bidang intelijen. Program Studi STIN yang salah satunya bisa kamu pilih terdiri dari jurusan Agen dan Analis Intelijen Negara.

5. STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia)

Sekolah ini merupakan sekolah kedinasan yang dapat mencetak pilot – pilot handal yang dapat menerbangkan pesawat. Dahulu, sekolah ini merupakan API (Akademi Penerbangan Indonesia), namun kemudian diubah menjadi STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia). Sekolah kedinasan ini berada di bawah naungan Kementrian Perhubungan Indonesia yang didirikan pada tahun 1952. Agar dapat masuk ke sekolah ini, kamu harus mampu melewati beberapa tahapan tes antara lain tes akademik, tes kesehatan, tes psikologi dan tes wawancara. Dengan banyaknya tes yang dilakukan, membuat banyak juga lulusan SMA, MA dan SMK yang gagal untuk masuk ke STPI. Jurusan yang disediakan di sekolah ini antara lain jurusan penerbangan, teknik penerbangan, keselamatan penerbangan dan manajemen penerbangan.

6. AKMIL (Akademi Militer)

Sekolah kedinasan ini berada di Magelang, Jawa Tengah. Gelar yang akan didapat jika kamu bersekolah di sini adalah S.ST.HAN (Sarjana Terapan Pertahanan). Pendidikan di AKMIL ditempuh selama 4 tahun yang mana tahun pertamanya lebih fokus pada pendidikan dasar Keprajuritan Chandradimuka. Pendidikan di tahun pertama ini ditempuh bersama dengan taruna lain baik dari AAL, AAU maupun dari AKPOL. AKMIL dinilai menjadi sekolah kedinasan di Indonesia yang terbaik karena banyak lulusannya telah menjadi orang penting di Indonesia, salah satunya adalah Susilo Bambang Yudhoyono. AKMIL menyediakan beberapa jurusan yang dapat dipilih antara lain Manajemen Pertahanan, Teknik Mesin Pertahanan, Teknik Elektronika Pertahanan, Teknik Sipil Pertahanan dan Administrasi Pertahanan.

7. AAL (Akademi Angkatan Laut)

AAL masuk kedalam daftar sekolah kedinasan yang menjadi favorit banyak orang. Sekolah kedinasan ini merupakan sekolah tempat pendidikan bagi TNI angkatan laut. AAL terletak di Krembangan, Surabaya. Sama dengan AKMIL, pendidikan di sekolah ini ditempuh selama 4 tahun yang kemudian setelah lulus akan mendapat pangkat Letda (Letnan Dua). Jurusan yang ditawarkan di AAL antara lain Manajemen Pertahanan Matra Laut, Teknik Mesin Kapal Perang, Manajemen Logistik dan Keuangan Matra Laut, Teknik Elektronika Kapal Perang dan Manajemen Pertahanan Matra Laut Aspek Darat.

8. AAU (Akademi Angkatan Udara)

Hampir mirip dengan AAL, AAU adalah sekolah kedinasan yang mencetak TNI yang bertugas untuk pengamanan di udara. Lokasi dari sekolah ini dekat dengan Bandara Adi Sucipto di Yogyakarta. Jurusan yang disediakan adalah D-IV Teknik Aeronautika Pertahanan, D-IV Teknik Manajemen Industri Pertahanan dan D-IV Teknik Elektronika Pertahanan. Jika kamu ingin menjadi perwira angkatan udara, maka persiapkan dirimu untuk mendaftar di sekolah ini.

Itulah beberapa pilihan sekolah kedinasan yang bisa menjadi opsi jika para detikers ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dengan sistem ikatan dinas. Sesuaikan program studi dan sekolah yang kamu pilih dengan minat dan bakat agar nantinya kamu dapat menjalani pendidikan dengan baik dan tanpa hambatan. Namun apapun pilihannya, selalu lakukan dengan penuh semangat dan ikhlas dalam menjalaninya.

(Sumber : Berbagai Sumber)

About NHSC Kebumen

Check Also

Menghadapi pro dan kontra, akhirnya diterima di kampus favorit

Putri Agustin yang kerap dipanggil PuGus adalah salah satu siswa dari lembaga NHSC yang sudah …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *