Home | Materi | News & Opini | Simak, Ini Tahapan Pendaftaran Beasiswa OSC Medcom.id 2021

Simak, Ini Tahapan Pendaftaran Beasiswa OSC Medcom.id 2021

Pendaftaran program Online Scholarship Competition (OSC) Medcom.id 2021 resmi dibuka mulai hari ini, Rabu, 25 Agustus 2021. Masa pendaftaran akan ditutup pada 2 November 2021.

Ada sejumlah tahapan yang harus diperhatikan peminat beasiswa OSC Medcom,id 2021. Pertama, pendaftaran dilakukan di laman osc.medcom.id. Kemudian, peserta diminta menentukan kampus tujuan, mengisi form dan melakukan verifikasi e-mail.

Untuk peserta jenjang S1 tidak ada pemungutan biaya pendaftaran. Mereka hanya dimintakan keterangan masih duduk di kelas 12 atau keterangan lulus namun belum kuliah.

Sementara peserta jenjang S2 dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp189 ribu. Sebagai syarat, mereka yang bisa mendaftar adalah mahasiswa S1 lulusan tahun 2019 sampai 2021 atau maksimal 25 tahun. Kecuali untuk tenaga pengajar dengan ijazah S1, diberikan batas usia maksimal yakni 35 tahun.

Dana yang terkumpul dari pendaftaran peserta S2 itu akan didonasikan kepada pemenang jenjang S1 dengan kategori berprestasi dan tidak mampu. Selanjutnya, peserta akan menjalani online test pada 6 November 2021.

Untuk selanjutnya akan ada juga seleksi berkas pada minggu ke-3 dan ke-4 November 2021. Peserta yang lolos pada tahap tersebut, bakal menjalani final tes online pada 11 Desember 2021.

Adapun final tes ini merupakan tes potensi akademik atau wawancara secara virtual. Sementara pengumuman pemenang beasiswa atau awarding OSC akan berlangsung 20 Januari 2022

CEO Media Group Mirdal Akib mengatakan, total ada 590 beasiswa yang tersebar di 25 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Favorit yang akan diberikan. Adapun beasiswa tersebut di antaranya 515 beasiswa untuk S1 dan 75 beasiswa untuk jenjang S2. Total beasiswa tersebut senilai Rp47 miliar dari 25 PTS favorit di Indonesia.

“OSC hadir semakin progresif dalam menghadirkan kesempatan yang luar biasa untuk putra-putri Indonesia,” kata Mirdal dalam peluncuran Beasiswa OSC Medcom.id 2021, Rabu, 25 Agustus 2021.

Online Scholarship Competition (OSC) merupakan Kompetisi beasiswa online pertama di Indonesia, dipersembahkan oleh Surya Edukasi Bangsa Foundation (SEBAF) dan di selenggarakan oleh situs berita dan video Medcom.id. OSC hadir untuk memberikan kemudahan putra-putri Indonesia agar bisa melanjutkan pendidikan dengan menggunakan beasiswa yang ada di setiap universitas favoritnya.

Selain menanggung biaya pendidikan, mahasiswa yang lolos beasiswa OSC tahun ini juga berkesempatan mendapatkan bantuan biaya hidup, tabungan pendidikan untuk pemenang terbaik pertama sebesar Rp1,5 juta dan terbaik kedua sebesar Rp750 ribu, program magang, hingga penyaluran di dunia kerja.

OSC Merupakan program kolaborasi antara SEBAF, Medcom.id dengan Perguruan Tinggi Swasta sebagai penyedia beasiswa. Dengan OSC peserta tidak lagi perlu datang ke kampus/universitas untuk mendaftarkan diri dan mengikuti tes secara langsung.

OSC mempersingkat proses tersebut dengan metode online, pendaftaran dan tes tahap awal dilakukan melalui sistem online. OSC kini telah memasuki tahun ke-7, bekerja sama dengan 25 PTS ternama di Indonesia, yang berasal dari 11 kota yang berbeda (Jakarta, medan, Lampung, Bandung, Purwokerto, Salatiga, Yogyakarta, Semarang, Malang, Surabaya dan Makassar).

OSC diharapkan mampu menjadi daya dukung pendidikan tinggi yang memfasilitasi anak-anak berprestasi dari berbagai kalangan di seluruh Indonesia. Karena untuk menuju SDM Unggul, Indonesia Maju, diperlukan pendidikan yang merata untuk seluruh putra dan putrI Indonesia.

Sumber : https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/zNPOl1EK-simak-ini-tahapan-pendaftaran-beasiswa-osc-medcom-id-2021

About NHSC Kebumen

Check Also

CEK SCORE SKDmu Yuk !!!

Ujian Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun Anggaran 2021 (Tes SKD CPNS 2021) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *