Home | Materi | Strategi Mudah Mengerjakan Soal Perubahan Kalor

Strategi Mudah Mengerjakan Soal Perubahan Kalor

Hallo Sobat, Jumpa lagi nih dengan lembaaga NHSC.
Kali ini kita akan membahas mengenai Perubahan Kalor. Nah pada kesempatan ini kakak bakalan berbagi tips dan strategi yang di gunakan untuk menumpas tuntas soal ini dengan cara yang mudah, tepat dan cepat.

Sebelumnya kita pahami dulu yuk apa itu perubahan kalor ??

Dalam ilmu fisika setiap segala sesuatu yang mempunyai massa dan yang menempati suatu ruang disebut dengan zat. Dan jika yang tidak mempunyai massa namun menempati ruang maka termasuk tergolong kedalam sebuah energi. Yang termasuk yang tidak memiliki massa seperti bunyi dan cahaya. Jadi, dalam ilmu fisika bahwa sesungguhnya ilmu yang menyangkut mengenai zat dan energi. Namun kali ini diulas tentang masalah wujud zat dan perubahannya, wujud zat dapat berubah karena adanya kalor yang diberikan atau dilepaskan.

Perubahan wujud zat adalah perubahan termodinamika dari satu fase benda ke keadaan wujud zat yang lain. Perubahan wujud zat ini bisa terjadi karena peristiwa pelepasan dan penyerapan kalor.Perubahan wujud zat terjadi ketika titik tertentu tercapai oleh atam/senyawa zat tersebut yang biasanya dikuantitaskan dalam angka suhu. Semisal air untuk menjadi padat harus mencapai titik bekunya dan air menjadi gas harus mencapai titik didihnya.

Pada dasarnya, kalor adalah perpindahan energi kinetik dari satu benda yang bersuhu lebih tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah. Kalor dilambangkan dengan huruf Q. Banyaknya kalor yang diberikan pada suatu benda sebanding dengan kenaikan suhu (∆T), massa benda (m) dan kalor jenis bendanya (c). Ditulis dengan persamaan berikut.

Q = mc∆T ………. Pers. (1)

Kalor dan Perubahan Wujud

Dibagian atas bab ini sudah dijelaskan bahwa kalor adalah energi yang berpindah dari benda yang bersuhu lebih tinggi ke benda yang bersuhu lebih rendah jika benda tersebut saling bersentuhan. Kalor dapat diukur dengan menggunakan calorimeter, tetapi seringkali calorimeter digunakan untuk menentukan kalor jenis suatu zat dengan cara mencampurkan zat tersebut ke dalam calorimeter bersama zat yang massa jenisnya sudah diketahui.

Dapat dirumuskan seperti dibawah ini :

Q = mct. 4t

Keterangan :

  • Q = Kalor (joule)
  • C = Kalor Jenis (j/kg.K)
  • 4t = Perubahan suhu (c)

Kalor jenis adalah kalor yang diperlukan untuk menaikkan suhu 1 kg suatu zat sebesar 1c atau 1K. Berdasarkan definisi diatas kalor jenis merupakan kemampuan khas suatu zat untuk menyerap kalor.

Yuk kita langsung simak gimana pembahasanya, silakan KLIK DISINI atau kalian juga bisa kunjungi www.academy.nhsc.co.id untuk lebih banyak materi dan pembahsan.

Kalau kamu masih merasa bingung dengan penjelasan tentang Trik dan Pembahasan ? Jangan khawatir. Coba gabung di academy.nhsc.co.id yuk. Ada video belajar dengan animasi yang keren banget lho. Soal latihan dan rangkumannya juga banyak, dijamin bikin belajar kamu jadi lebih mudah.

About NHSC Kebumen

Check Also

TRIK CEPAT MENGERJAKAN SOAL TKP Part 3 Cek !!!

Hallo Sobat, Jumpa lagi nih dengan lembaga NHSC. Kali ini kita akan membahas mengenai Menerjakan Soal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *