Home | Tips dan Trik | Tips & Trik Lulus Seleksi Tes Kedinasan Tahun 2021

Tips & Trik Lulus Seleksi Tes Kedinasan Tahun 2021

1. Siapkan secara cermat persyaratan administrasi

Salah satu tahapan awal seleksi masuk sekolah tinggi kedinasan adalah seleksi administrasi. Perlu diketahui bahwa beberapa berkas administrasi terkadang harus dipersiapkan jauh-jauh hari.

Oleh karena itu, jangan lupa cek secara berkala kelengkapan syarat administrasi pada situs resmi masing-masing sekolah kedinasan agar Anda dapat mempersiapkannya sebelum batas akhir pendaftaran ditutup.

2. Persiapkan diri untuk tes kesehatan

Tes kesehatan merupakan salah satu tahapan yang harus Anda Ikuti jika mengikuti seleksi sekolah kesehatan. Demi lolos dalam tes kesehatan, Anda perlu menjaga kesehatan tubuh sedini mungkin. Selain menghindari rokok dan narkoba, Anda juga harus membiasakan makan-makanan bergizi dan olahraga secara rutin.

Jika memungkinkan Anda juga bisa melakukan check up kondisi tubuh mulai dari THT, postur, varises, urin, darah, dan lain-lain. Sehingga apabila ditemukan gejala penyakit yang dapat menggugurkan dalam seleksi, Anda dapat coba meminimalisirnya.

3. Latihan seleksi tes kesamaptaan

Beberapa sekolah kedinasan seperti Akademi Kepolisian Semarang (AKPOL), Akademi Militer, dan Institut Pemerintahan Dalam Negeri akan mewajibkan pesertanya mengikuti tes kesamaptaan atau tes fisik.

Salah satu tes yang digunakan adalah ketahanan berlari selama 12 menit, untuk melatihnya Anda dapat melakukan latihan lari rutin jauh-jauh hari sebelum tes. Selain itu, Anda juga bisa menambahkannya dengan sit up, push up, dan pull up setidaknya 10 kali sehari tiap Gerakan

4. Persiapan Diri Untuk Melatih Fisik

Di beberapa Sekolah Kedinasan, para calon mahasiswanya diwajibkan untuk mengikuti rangkaian tes kesamaptaan atau tes fisik. Maka untuk menyiapkan diri menghadapi tes satu ini, maka kamu bisa memulai latihan dengan berjalan kaki setiap hari. Apalagi jika kamu berniat masuk ke Akademi Kepolisian Semarang (AKPOL), Akademi Militer, Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).

Maka kamu bisa memulai latihan fisik dengan rutin 3 sampai 5 kali dalam seminggu. Beberapa contoh latihan yang bisa kamu lakukan seperti lari selama 12 menit, push-up, pull-up, shuttle run, sit-up, dan renang.

5. Persiapkan tes wawancara

Salah satu tes yang akan menguji mental dari peserta seleksi masuk sekolah kedinasan adalah tes wawancara. Salah satu persiapan yang dapat dilakukan yaitu mencari secara lebih jauh tentang sekolah kedinasan yang Anda minati dan juga pelajari secara mendalam materi dalam ujian tertulis.

6. Berhenti Mempercayai Orang Dalam

Poin pertama dari 6 tips lulus ujian masuk Sekolah Kedinasan rekomendasi Mamikos adalah sudah saatnya kamu berhenti untuk mempercayai ‘the power of orang dalam’. Hal ini seakan menjadi mitos di kalangan masyarakat kita. Bahwa jika kita ingin masuk ke sebuah bidang, pekerja, sekolah atau semacamnya, maka langkah tercepat yang bisa dilakukan adalah dengan memakai orang dalam.

Apakah kamu tahu mereka yang melabeli diri dengan orang dalam ini sebenarnya mengambil keuntungan banyak dari para calon pendaftar Sekolah Kedinasan ini? Maka saran Mamikos, ketimbang kamu terjebak dan percaya pada muslihat para ‘orang dalam’ ini, maka lebih baik kamu fokus dan mengikuti panduan resmi yang sudah dikeluarkan sekolah terkait. Memang ribet dan sulit, tapi itu bagian dari kamu berproses. Bersungguh-sungguhlah, maka lihat hasil akhirnya nanti.

7. Jaga Kesehatan

Tips lulus ujian masuk Sekolah Kedinasan selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjaga kesehatan. Kesehatan tubuh kamu adalah faktor yang sangat penting saat hendak menjalani tahapan seleksi Sekolah Kedinasan. Terutama saat kamu akan menjalani tes kesehatan.

Pastikan bahwa kondisi tubuh kamu dalam keadaan benar-benar fit. Berhenti merokok, berhenti begadang dan makan junk food tentu akan sangat membantu. Jika perlu berkonsultasi ke dokter mengenai pola makan dan hidup sehat agar kamu bisa lebih mengontrol gaya hidup serta asupan makanan.

8. Yang Paling Utama Adalah JUJUR

Kejujuran merupakan salah satu faktor penting lain yang perlu diperhatikan dalam tahapan proses seleksi Sekolah Kedinasan. terutama pada saat tes wawancara. Jawablah segala pertanyaan dengan jujur, sopan, dan selalu gunakan bahasa formal.

Di samping itu, kejujuran juga penting di saat kamu hendak melakukan pengumpulan dokumen. Mamikos ingatkan agar kamu tidak pernah memalsukan atau memanipulasi data yang kamu lampirkan. Sebab hal itu beresiko membuat kamu langsung gugur dalam proses seleksi.

Itulah sederet tips lolos sekolah kedinasan yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

(Sumber Artikel : Berbagai Sumber Terpercaya)

About NHSC Kebumen

Check Also

TRIK CEPAT MENGERJAKAN SOAL TKP Part 3 Cek !!!

Hallo Sobat, Jumpa lagi nih dengan lembaga NHSC. Kali ini kita akan membahas mengenai Menerjakan Soal …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *