Home | Materi | News & Opini | Waktu pengumuman seleksi administrasi CPNS 2021 beda, ini penjelasan BKN

Waktu pengumuman seleksi administrasi CPNS 2021 beda, ini penjelasan BKN

Ternyata, belum seluruh instansi yang mengikuti rekrutmen calon pegawai negeri sipil atau CPNS mengumumkan hasil seleksi administrasi. Berikut penjelasan dari BKN.

Menurut jadwal rekrutmen CPNS yang Badan Kepegawaian Negara (BKN) rilis, pengumuman administrasi pada 2-3 Agustus 2021. Ada yang sudah mendapat hasil seleksi administrasi. Ada juga pelamar yang belum.

Lantas, mengapa waktu pengumuman berbeda-beda?

Dikonfirmasi Kompas.com, Plt Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerjasama BKN Paryono menjelaskan, pengumuman administrasi dapat diakses setelah instansi selesai memverifikasi keseluruhan berkas pelamar.

Jika hasil seleksi administrasi belum diumumkan, maka instansi tersebut masih melakukan proses verifikasi. “Semangat bersabar,” kata Paryono, Senin (2/8).

Menurut Paryono, proses verifikasi membutuhkan kecermatan dan ketelitian. Waktu maksimal instansi mengumumkan hasil adminstrasi pada 3 Agustus 2021.

Cara cek hasil administrasi 

Sebagai informasi, pengumuman administrasi CPNS dilakukan secara online melalui laman SSCASN, sscasn.bkn.go.id. Selain itu, pengumuman juga akan disampaikan instansi melalui kanal informasi resmi masing-masing.

Cara mengakses melalui laman SSCASN hanya perlu login menggunakan NIK dan password masing-masing pelamar.

Bagi pelamar yang dinyatakan tidak lolos atau tidak memenuhi syarat, dapat mengajukan sanggahan melalui laman sscasn.bkn.go.id. Pengajuan sanggahan maksimal tiga hari setelah pengumuman berlangsung.

Pelamar bisa mengikuti seluruh petunjuk pengajuan sanggah yang tersedia, termasuk menuliskan penjelasan secara detail.

Pengumuman seleksi administrasi CPNS 2021 dan PPPK sesuai jadwal yang dikeluarkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dimulai hari ini.  Namun, tidak semua instansi mengumumkannya. Menurut Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen, ada beberapa instansi yang meminta jadwal pengumuman dimundurkan karena belum selesai melakukan verifikasi dan validasi (verval).

Alasannya karena PPKM darurat sehingga mereka sulit membagi tugas.  “Ini Kemendikbudristek dan beberapa daerah meminta pengumuman seleksi administrasi diundur. Selebihnya konsisten dengan jadwal 2 sampai 3 Agustus pengumuman seleksi administrasi,” kata Suharmen kepada JPNN.com, Senin (2/8). Dia mengimbau instansi lainnya yang  telah melakukan verval sudah bisa mengumumkan siapa saja pelamar CPNS 2021 dan PPPK yang lulus berkas.

Kemudian, masing-masing pelamar diberikan waktu masa sanggah 4 sampai 6 Agustus.  Setelah itu, jawaban sanggah 4 sampai 13 Agustus.

Pengumuman masa sanggah 15 Agustus. Baca Juga: Penyataan Terbaru Kemenag soal Modul Persiapan Tes PPPK Guru Agama “Khusus PPPK guru seluruhnya ditunda pengumuman hasil seleksi administrasi karena verval belum selesai dilakukan Kemendikbudristek,” terang Surharmen. Walaupun sebagian instansi mundur jadwal pengumuman hasil seleksi administrasinya, Deputi Suharmen memastikan jadwal seleksi kompetensi dasar (SKD) tetap sesuai yang dijadwalkan.  Untuk instansi yang jadwal seleksi administrasinya mundur, kata Suharmen, kemungkinan mundur, pelaksanaan SKD nanti ditempatkan di belakang. (esy/jpnn)
 

Sumber : Berbagai Sumber

 

About NHSC Kebumen

Check Also

CEK SCORE SKDmu Yuk !!!

Ujian Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun Anggaran 2021 (Tes SKD CPNS 2021) …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *